Berbagi informasi seputar tutorial website, personal blog serta edukasi. Pembaca adalah modal utama blog kami.

Adaptasi Fisiologi: Pengertian dan Macam-Macam adaptasi fisiologi

Adaptasi fisiologi merupakan penyesuaian fungsi fisiologi tubuh untuk dapat mempertahankan hidupnya. Macam- macam adaptasi fisiologi

a. Hewan Herbivora. Mempunyai enzim seluase di dalam saluran pencernaannya, enzim ini berfungsi untuk mencerna selulose yang menyusun dinding sel tumbuhan, dengan enzim selulase maka makanan lebih mudah dicerna.
Baby Zebra, Safari, Serengeti, Tanzania
Contoh Hewan Herbivora


b. Teredo navilis, adalah cacing yang biasa hidup di kayu galangan kapal, kayu tiang-tiang pelabuhan. Cacing ini dapat merusak kayu karena makanannya berupa kayu. Di dalam saluran penceranaa Toredo terdapat enzim selulase untuk membantu menguraikan selulose yang ada pada kayu yang menjadi makannanya.

c. Manusia yang hidup di dataran tinggi (Pegunungan).  mempunyai jumlah sel darah merah (Erotrosit) lebih banyak dibandingkan dengan manusia yang hidup di dataran rendah. Hal ini terjadi karena di dataran tinggi udaranya mengandung kadar oksigen lebih rendah dari pada di dataran rendah, maka erotrosit menjadi lebih meningkat produksinnya sehingga jumlah eritrosit menajdi lebih banyak

d. Ikan yang hidup di air tawar, mempunyai tekana osmosis lebih tinggi dari tekanan osmosi air tawar. Keadaan demikian menyebabkan air akan masuk secara osmose ke dalam tubuh ikan. Supaya ikan tidak kelebihan air atau kembung maka  cara adaptasi dengan sedikit minum air dan banyak mengeluarkan urine dan menggunakan insang nya secara aktif untuk mengikat garam terlalrut dalam air.
Koi, Fish, Water, Freshwater Fish
Ikan air tawar
Tag : IPA
0 Komentar untuk "Adaptasi Fisiologi: Pengertian dan Macam-Macam adaptasi fisiologi"

Back To Top